Pro-Kontra Penjual Donat Tidak Melayani Ucapan Natal


Ada saja 'keramaian' menjelang Natal. Di sosial media Facebook saat ini sedang ramai dengan postingan seorang netizen terkait penjual donat yang tidak melayani ucapan Natal.

Adalah Tyok Aditya Setyo, netizen yang pada hari Minggu (20/12) kemarin di wall facebooknya mengunggah capture 'percakapan' dia dengan DONAT MUNGIL MALANG (lihat pic diatas).

Tyok Aditya Setyo memesan donat dan minta dikasih tulisan "Merry Xmas" yang oleh pihak DONAT MUNGIL MALANG tidak bisa dipenuhi permintaannya "Mohon maaf. Kami tdk bs melayani ucapan natal ^^".

Atas kejadian itu Tyok Aditya Setyo kemudian mengcapture dan mempostingnya di wall fbnya dengan tulisan:

"Hahaha..gak abis pikir dg "prinsip iman" dari penjual donat mungil ini.. Okelah kl emang gak ngucapin met natal, tp ini cuma tulisan mbak.. Ayolah, konteksnya ini sampean penjual dan saya pembeli..gak lebih. Aq yakin banyak yg kecewa kalo sampean masih mempertahankan keyakinan bahwa "kalo mengucapkan selamat natal ke orang kristen, saya jadi kafir.." Hahaha ngono ae terus sampe riyoyo.. #kandhaniOg"

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10153780821074133&set=a.435171554132.232950.655074132&type=3&theater

Postingan Tyok Aditya Setyo ini sontak membuat ramai netizen lain yang menshare dan turut mengomentari. Sampai Senin (21/12) pagi ini sudah ada 1908 yang share dan ada 59 komentar. Komentar netizen beragam, ada yang membully penjual donat, ada juga yang bijak dan tidak terpancing SARA.

Yang sangat bijak adalah akun dengan nama Yoeze Gilbert.

"Nah benar to kta saya, yg masuk fb banyak dari berbagai kalangan, dan terjadi pro dan kontra. saya mohon adik q Tyok Aditya Setyo menghapus postinganya biar tidak ada kesalah pahaman, biar kita hidup damai dg pemeluk Agama yg lain," tulis Yoeze Gilbert.

Tyok sendiri mengaku memposting hanya untuk memberi info dan tidak marah atas perlakuan penjual donat.

"Kalo postingan saya diatas nadanya marah2 itu baru gak dewasa, tp saya mengawali kalimat dg tertawa.. Bisa diliat jg postingan2 sy sebelumnya..selalu ada #kandhaniOg yg artinya apa yg sy tulis hanya sekedar info, gak ada maksud marah ato adu domba," tulis Tyok di kolom komentar.

"Ok tyok Aq yo ngerti dan Aq gk permasalahkan iku, aq yo ngguyu mau delok sttsmu. masalae sttsmu di posting banyak orang dari seimanmu, dan yg baca iku yo islam yo kristen, yg islam gk terimo seng kristen yo gk terimo, kan wz akeh iki pro kontra di sttsmu? Dan ternyata stssmu seng Lucu iku mau berdampak pro dan kontra," Yoeze Gilbert menambahi.

Sedang Fbsoedarsono memberi nasihat bijak, "Kalau menghadapi yg pro & kontra pada postingannya mas Tyok Aditya Setyo hati kita Harus: Tulus ikhlas, Basuki Widodo tata Tentrem Kerta Raharja."

Netizen lain berpesan agar masing-masing menghargai keyakinan masing-masing.

"Harusnya lebih menghargai prinsip orang lain. jika mereka tak melayani pesanan anda, anda harus menghormati itu sekalipun anda pembeli. saya lebih respect sama penjualnya karna mereka mempertahankan keyakinannya dan tak tergoda dengan uang," komentar Muhammad Anwari.

Semoga kejadian ini tidak memperuncing SARA yang merugikan kerukunan beragama.

Mari hargai dan hormati keyakinan masing-masing.


0 Response to "Pro-Kontra Penjual Donat Tidak Melayani Ucapan Natal"

Post a Comment