Bahaya Mengintai Bila Taruh Dompet di Saku Belakang


Pria biasanya melakukan berbagai hal dengan sederhana ataupun simple. Hal ini juga berlaku dalam penempatan berbagai barang.

Salah satu yang cukup terlihat kentara adalah dalam hal penempatan dompet.

Jika dibandingkan dengan kaum hawa yang lebih suka menempatkan dompet di dalam tas mereka, pria lebih sering terlihat hanya menaruh dompet di saku belakang celana.

Disamping karena ukuran dompet pria yang cenderung lebih kecil dibandingkan dompet wanita, alasan lain yang membuat pria cenderung lebih suka menaruh dompet di dalam saku celana adalah karena kemudahan jika harus membayar sesuatu tidak perlu membuka tutup tas, cukup mengambil dengan cepat dari saku celananya.

Namun, dibalik kemudahan ini, ternyata terdapat bahaya yang dapat mempengaruhi saraf pada dalam tubuh.

Para ahli mengungkapkan orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci atau saraf-saraf Sciatic.

Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama 'hip-pocket syndrome' atau 'wallet-neuropathy'.

"Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul," ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex. Demikian seperti dilansir BBC.

Sciatic awalnya dirasakan pada bagian punggung bagian bawah lalu menjalar ke bagian paha belakang. Kemudian berlanjut ke daerah lutut.

Kondisi ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, duduk atau berbaring.

Saraf Sciatic merupakan saraf terbesar di tubuh pada bagian belakang daerah bawah lutut, yang berawal dari sumsum tulang belakang lanjut hingga kaki.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata saat dompet berada di saku belakang, tanpa sadar posisi duduk menjadi miring sehingga terjadi ketidakseimbangan yang melibatkan otot, tulang, dan sistem saraf.

Saat kondisi ini terjadi, panggul berusaha untuk tetap menjaga keseimbangan, namun yang terjadi justru kurva kompensasi tulang belakang menjadi tidak sejajar.

Kemudian mempengaruhi pergeseran bahu dan menyebabkan nyeri pada leher, punggung, dan bahu.

Melihat begitu banyak resiko yang dapat dialami. Ada baiknya kaum pria mulai tidak menyimpan dompet di saku belakangcelana demi kesehatan saraf dan tubuh pada umumnya. 

0 Response to "Bahaya Mengintai Bila Taruh Dompet di Saku Belakang"

Post a Comment